Sinergi YBM PLN dengan Bidan Cahaya dalam Menjejak Manfaat

Belajar Jadi Mandiri dalam Mengoptimasi Blog Bagi Pemula

belajar-jadi-mandiri
jadimandiri.org
Hai teman-teman Blogger dimana saja berada. Apa kabarnya nih?
Mau tanya dong tujuan awal kamu ngeblog itu buat apa sih?

Hmm. Kalau boleh jawab sama diri sendiri sih awalnya cukup lucu. Boleh dibilang dipaksa teman terus lama-lama jadi ikut-ikutan ujung-ujungnya kecanduan.

belajar-jadi-mandiri
Ilustrasi: kompasiana.com

Yap, bicara jangka pendek ngeblog dulunya hanya untuk iseng-iseng saja, mengisi waktu luang semata. Dimulai dari dinding curhat yang menumpuk dan cenderung nyampah, bikin puisi dan lirik lagu hingga bercerita tentang kegelisahan yang terjadi di sekitar kita. Lama kelamaan buat ajang berbagi pengalaman bahkan tips dan trik skill tentang hidup sehari-hari. Buat yang ngga biasa banyak bicara maka menulis di blog bisa jadi senjata.

Nah, banyak yang belum menyadari betul Blog yang sudah kita miliki bertahun-tahun ternyata punya nyawa yang dapat dimonetisasi secara optimal.

Justru belum tahu kalo fokus dan serius rajin menulis blog juga akan menelurkan pundi-pundi Rupiah dengan nominal yang ngga sedikit. Kamu bisa bebas memilih ngeblog itu boleh dijadikan sambilan untuk mencari tambahan penghasilan atau sumber rezeki yang utama seperti layaknya pekerja yang digaji per bulannya.

Seperti halnya tanaman yang diberi pupuk dan disiram secara rutin begitu pula dengan Blog tak kalah pula harus dipelihara agar terlihat terawat dan pastinya bermanfaat bagi para pembaca setianya. Sudah tampilannya sedap dipandang, nyaman untuk dibaca dan informasi atau pesan yang ingin disampaikan tepat pada sasaran. Aduhai elok sekali!

SEO
belajar-jadi-mandiri
SEO (sumber: fuzeseo.co)
Di kalangan para Blogger sering kita jumpai istilah SEO atau kepanjangan dari Search Engine Optimation. Sederhananya kalo pakai bahasa saya artikel atau Blog agar lebih optimal muncul di page one Google alias masuk Halaman Index Google.

Lambat laun jadi semakin tahu banyak hal tentang Blogging. Mulai dari tanya ke sana kemari dan bergabung dalam komunitas Blogger baik di Grup Whatsapp ataupun sosial media sampai ikutan seminar atau pelatihan untuk meng-upgrade kecakapan (skill) yang kita miliki.

belajar-jadi-mandiri
Dok twitter Ivo A.
Untuk itulah pada Rabu (7/8) diadakan sebuah acara berfaedah yang bertajuk Workshop Blogger: Penulisan SEO Optimization. Acara dibuka oleh Mbak Angie dari Jadi Mandiri dilanjutkan oleh Ibu Maristella Triharyanti sebagai Assistant Vice President Corporate Communication Bank Mandiri selaku tuan rumah dari Mandiri Online yang memberikan kata sambutan sebelum acara tersebut dimulai.
belajar-jadi-mandiri
Ibu Stella dari Bank Mandiri

Berlokasi di gedung Mandiri Inkubator Bisnis yang berseberangan dengan Hotel Ambhara, Blok M Jaksel. Tempat ini ternyata biasa digunakan untuk berkumpulnya para wirausaha (entrepreneur) dalam melatih usaha rintisan atau istilah keren sekarang 'start ups' nya mitra atau rekan binaan Wirausaha Muda Mandiri atau disingkat WMM.

Sebelum mengawali sesi workshop, kami diperkenalkan dengan Mbak Fushiko Binar Ardani selaku Transaction Banking Retail Sales Bank Mandiri. Beliau memperkenalkan kepada kami produk e-channel atau Bank Mandiri Online yang terbaru. Pribadinya yang humble dan pembawaannya yang santai mencairkan suasana siang hari itu.

Mbak Fushiko Binar (dokpri)

Namanya juga bagian Sales ya kan? Harus komunikatif dan renyah! Topik yang ia jelaskan ngga jauh dari seputar masalah finance dan transaksi perbankan. Bank Mandiri dinilai sebagai Bank BUMN yang good corporate governance (tata kelola korporasi yang baik). Dengan sumringah dan sesekali guyon mengedukasi kami dengan sabar seperti kepada nasabah setianya.

Apa itu Layanan Mandiri Online?

Fitur Mandiri Online di Smartphone (dok. Anisa)

Mandiri Online merupakan layanan integrasi dari Bank Mandiri melalui akses internet dan via aplikasi mobile. Sekarang Mandiri Online hadir dengan penampilan yang lebih fresh, clean, chic dan terjaga faktor hygiene (security) nya.

Dengan tampilan yang baru tersebut harapannya, Mandiri Online lebih mengedepankan kenyamanan dan kemudahan dalam bertransaksi keuangan apapun, kapan pun dan dimana saja. Serta tak kalah pentingnya memiliki proteksi ganda. Dari segi keamanannya jadi lebih terjamin dengan konsep one man one service. Jadi tak perlu takut lagi akun nasabah oleh gangguan peretas melalui skimming atau repping.

Seperti diketahui aplikasi Mandiri Online dapat diunduh via Google Playstore ataupun Appstore. Untuk pengguna baru sebaiknya registrasikan secara langsung di kantor cabang Bank Mandiri terdekat yang sesuai dengan alamat domisili.

Selanjutnya masuk ke pembicara yang kedua Mas Rendy Doroii Herison. Secara selangkah demi selangkah menjelaskan bagaimana teknik penulisan Optimasi Blog yang ideal. Sebelum masuk ke materi inti Mas Rendy memiliki pertanyaan, Seberapa penting buat seorang Blogger dalam memahami SEO. Paling tidak bisa kita aplikasikan pada laman microsite kita pribadi toh?

Mengenal Optimasi Blog


Di dunia perbloggingan situs blog berbasis wordpress memiliki cheat atau hints untuk para penggunanya mencapai SEO friendly yang dinamakan Yoast. Software ini dapat membantu pengguna wordpress yang kesulitan dalam melihat algoritma Google. Meski begitu pengguna Blogspot seperti saya jangan dulu pundung. Sebab dapat mengaplikasikan langkah-langkah yang diberikan Yoast untuk memperkuat tulisan menjadi SEO.

Selaku tim IT dan Web Content dari Jadi Mandiri beliau menjelaskan singkat mengenai langkah awal dalam mengoptimalkan Blog agar mudah dicari di halaman Mbah Google.
Mas Rendy menekankan pada 3 poin penting yang harus diperhatikan:

1. Focus keyword

Kata kunci fokus merupakan sebuah kata yang jadi pencarian utama pada artikel yang akan kita buat. Focus Keyword harus berada pada judul, slug, meta-description. Hal ini menjadi wajib dikarenakan pada situs pencari Google terpampang ketiga konten tersebut.
Panjang judul, slug, dan meta-description perlu diperhitungkan. Jumlah kata yang digunakan tidak usah terlalu panjang, sebab akan menjadi penilaian algoritma dalam menentukan layak atau tidaknya artikel kita tampil di halaman pertama dari Google. Meta-description adalah kalimat dalam satu paragraph yang dikutip dari isi tulisan. Khusus untuk meta-description, 4 baris tulisan sudah menjadi batas maksimal.

Jumlah focus keyword di dalam isi tulisan harus pula diperhatikan. Jika di dalam tulisan kita terdapat 1000 kata, maka pastikan keyword utama kita hanya sebesar 0,5-2 persennya saja, atau cukup sekitar 5 hingga 20 kata saja yang digunakan. Lebih dari itu Google akan menilai tulisan kita sebagai spam.
Mas Rendy  menyarankan para Blogger peserta workshop untuk selalu menempatkan focus keyword ke-heading. Dengan demikian Google akan membacanya sebagai sebuah sub judul yang akan meningkatkan nilai SEO friendly.

2. Naked Domain

Domain transparan yaitu sebuah nama unik yang berfungsi sebagai pengidentifikasi IP Address yang tidak perlu menggunakan ‘www’ di awal domain atau sub-domain lain. Seperti contoh, jurnalazhar.com adalah naked domain, beda halnya dengan www.jurnalazhar.com.

3. SEO Offsite

Ofset SEO merupakan optimisasi SEO di luar website. Sederhananya SEO offsite dapat dilakukan dengan berbagi link ke sosial media milik kita. Teknik ini juga dapat dilakukan melalui backlink, dimana hal ini akan mempengaruhi tingkat Page Rank.

Eitts tapi jangan cepat berpuas diri. Beliau mengingatkan, “Content is the King!” Seberapa canggih apapun teknisnya menggunakan software atau mahir bahasa algoritma supaya cepat jadi Blog yang SEO, kekuatan tetap ada pada isi artikel atau konten yang kita buat dalam blog yang kita miliki tersebut.
Lomba Blog SEO Jadi Mandiri
Nah makanya bagi yang sudah merasa ahli atau expert dalam menerapkan Blog SEO yang ingin mengasah kecakapan ber SEO bisa ikutan kompetisi menulis Blog yang sedang diselenggarakan oleh Bank Mandiri yang bekerja sama dengan Jadi Mandiri. Banyak hadiah senilai Jutaan rupiah menanti kalian semua di rumah.

Buat yang belum paham betul atau malas dalam menerapkan SEO di artikel Blognya jangan terlanjur pasrah dan berkecil hati. Kalian juga masih bisa ikutan Kompetisi menulis Blog dari kategori kreatifitas. Dimana yang jadi patokan adalah isi konten atau tulisan kamu yang akan dinilai nantinya. Sila kunjungi situs bankmandiri.co.id bit.ly/lombaseomandiri

Komentar